Posted on

YANG POP DAN YANG ART

Di setiap wacana kesenian terjadi dikotomi pemahaman antara yang pop (mainstream) dan yang art. Yang mengaku anti pop mengesankan kesenian pop itu kelasnya dibawah yang art terutama karena sisi komersialnya. Gawatnya, ada yang mengkategorikan karya pop sebagai kitsch (seni murahan). Sementara yang pop menilai lawan mereka sebagai pelaku kesenian yang egois, yang berkesenian untuk kepentingan personal dan melahirkan karya yang sulit dipahami umum.

Tak beda halnya dengan pertentangan antara seniman Eropa dan Amerika. Cap bahwa kesenian Amerika merusak art scheme Eropa, menjadi tema menarik. Kesenian Eropa yang sophisticated seperti lukisan Renoir, Rembrandt, Picasso, da Vinci ikut memberi pengaruh pada social attitude di Eropa. Maka muncullah kebiasaan-kebiasaan yang terkonstruksi rapi misalnya makan dengan table manner, garpu sendok. Atau cara berbusana yang lebih terpandang. Hal ini menunjukkan relasi dan interaksi kuat antara pola kesenian dengan cara bersikap masyarakat.

Dalam perkembangannya, nilai klasik eropa ini terusik dengan gaya urban pop seniman Amerika. Munculnya prodigy pop seperti Andy Warhol, Roy Lichtenstein, Tom Wesselman, Keith Harring hingga sang transformer Warhol, Jean Michael Basquiat dengan bendera pop art memberi referensi baru dalam cara berkesenian dan perilaku hidup sehari-hari.

Sebagai follow-up dari perkembangan pop art yang menyimpang dari konsep mapan dan serius, muncullah kebudayaan junkfood yang murni buatan Amerika. Kebiasaan makan hot dog, burger dan meneguk minuman kaleng contohnya. Junk foodisme tiba-tiba sederajat dengan perilaku makan pakai sendok, pisau dan garpu ala Eropa. Dan hebatnya Junk food ini mengglobal dalam waktu singkat. Istimewa!!

About dombapencerita

http://dooid.me/indrakusumaputra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s